Daftar Kampus PTKIN Terbaik di Indonesia 2024 Terbaru

STAI Nurul Hidayah Webometrics telah merilis peringkat universitas di dunia dan Indonesia per Januari 2024. Biasanya, Webometrics melakukan penilaian setiap enam bulan sekali (Januari dan Juli).

Menurut laporan dari laman Webometrics, sejumlah perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta, termasuk Perguruan Tinggi Keagamaan Muslim Negeri (PTKIN), mendapatkan peringkat Webometrics untuk tahun 2024. 

Pemeringkatan perguruan tinggi Webometrics memiliki tiga metrik yaitu visibilitas, transparansi atau keterbukaan, dan keunggulan. PTKIN masuk dalam 10 kampus terbaik di Indonesia versi Webometrics 2024. Semua kampus ini akan menjadi referensi bagi para siswa yang ingin mendaftar pada tahun 2024.

10 Daftar Kampus PTKIN Terbaik di Indonesia

Apa saja 10 kampus terbaik di indonesia ? yuk mari simak artikel yang sudah saya rangkum dari berbagai sumber yaitu sebagai berikut : 

  • UIN Sunan Gunung Djati, Bandung Ranking 20 di Indonesia
  • UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Ranking 37 di Indonesia
  • Universitas Muslim Negeri Raden Intan, Lampung Ranking 73 di Indonesia
  • UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang Ranking 76 di Indonesia
  • UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta Ranking 78 di Indonesia
  • UIN Walisongo, Semarang Ranking 81 di Indonesia
  • IAIN Ponorogo Ranking 90 di Indonesia
  • IAIN Palangka Raya Ranking 91 di Indonesia
  • IAIN Parepare Ranking 97 di Indonesia
  • UIN Sulthan Thaha Saifuddin, Jambi Ranking 104 di Indonesia

Metode Evaluasi Webometrics

Webometrics menggunakan tiga metode evaluasi berikut dalam menentukan peringkat universitas:

Visibilitas.

Visibilitas berkaitan dengan pengaruh konten yang diunggah di situs web universitas. Evaluasi dilakukan melalui jaringan situs web resmi universitas yang bersangkutan atau melalui situs web eksternal.

Metode evaluasi ini menggunakan indeks Ahrefs Majestic sebagai sumber, dengan bobot maksimum 50 persen.

Transparansi

Transparansi mengacu pada peneliti yang paling banyak dikutip dari sebuah universitas; Webometrics menilai jumlah kutipan dari 310 penulis teratas, yang berasal dari Google Scholar Profiles. Pembobotan untuk metode ini adalah 10%.

Keunggulan.

Metode ini berkaitan dengan makalah yang paling banyak dikutip dari universitas di 27 disiplin ilmu; metode ini mempertimbangkan data lima tahun Scimago dari 2018 hingga 2022 dan memiliki bobot 40%.

 

Demikian artikel ini saya buat semoga dapat membantu dan bermanfaat untuk kalian sebagai calon mahasiswa yang masih kebingungan mencari tempat kuliah untuk kedepannya dan dalam artikel ini sudah paling pas dan cocok untuk kalian jadikan referensi.